Kamis, 22 Oktober 2020

# Choujin Sentai Jetman # Hero

Choujin Sentai Jetman: A Review

 Halo, semuanya~


Ketemu lagi sama aku dengan postingan blog yang 'masih' amburadul ini.

Kali ini, aku akan mengulik sebuah seri Super Sentai yang tayang sebelum Zyuranger.

Jetman Title Card

Inilah dia... Choujin Sentai Jetman!!

 

Serial yang tayang di tahun 1991 hingga 1992 ini berkisah tentang lima prajurit super berbeda karakter yang bertempur dengan kekuatan yang diperoleh dari paparan Birdonic Wave. Lawan mereka adalah komplotan Vyram, penjahat antar dimensi yang berambisi ingin menguasai seluruh dimensi di semesta.

 

Awalnya, Ryu Tendo dan Rie Aoi adalah prajurit Sky Force yang terpilih untuk mengikuti J-Project. Mereka berdua akan diberi kekuatan dari Birdonic Wave, dan Ryu berhasil mendapat kekuatan itu. Akan tetapi, ketika Ryu selesai 'di-infuse' oleh Birdonic Wave, pangkalan Sky Force (yang berupa spaceship) diserang Vyram, Ryu (yang cinta mati sama Rie) harus kehilangan kekasihnya. Dan Birdonic Wave menghantam empat warga Bumi. Ryu, sang Red Hawk, bersama dengan komandan Aya Odagiri, mencari 4 orang lainnya untuk membentuk Jetman.

The Jetman squad

 

Di kubu Vyram sendiri, ada Radiguet, Maria, Grey dan Tran yang ... nggak pernah akur satu sama lain. Ketika mereka mengeluarkan Dimension Monster untuk melawan Jetman, masing-masing dari mereka akan saling mengunggulkan monster mereka. Wah... Ambisius sekali mereka ini.

 

Mereka saling bertarung, saling bersaing mengenai cinta, harapan dan keadilan.

----

 

Menurutku, dari segi cerita, Jetman ini memang matang. Perkembangan masing-masing karakter dari zero to hero dapet banget, mengingat empat dari lima anggota Jetman ini adalah orang-orang tanpa basis militer sama sekali, kecuali Ryu. Yah, bayangkan aja ... seorang putri jutawan, anak SMA, petani sayuran dan berandalan bisa bertarung sama-sama itu udah hebat banget. Dari mereka yang pengecut, tidak tahu bagaimana mengerahkan kekuatan mereka, sampai akhirnya mereka berhasil membabat habis musuh. Belum lagi soal cinta yang menyusup di antara mereka berlima. Wah... ruwet juga yah tim ini. Tapi, teamwork mereka patut diacungi jempol meski beberapa kali sempat ada konflik internal.

 

Di Jetman ini, akhirnya aku menemukan sosok pemegang warna merah yang tegas di luar tapi ternyata flaw-nya kentara banget. Sampai aku membatin, 'wah, ternyata ada yah sentai red, yang harusnya menjadi sentral dari timnya, segalau itu.' Konflik antar membernya juga ajib, terutama cinta segitiganya. Oh iya, satu hal yang juga aku suka dari Jetman adalah endingnya yang bittersweet. Iya, begitu bittersweet sampai orang-orang bertanya-tanya bagaimana nasib mereka setelahnya.

 

Aku juga menyukai konflik antar petinggi Vyram ini. Mulai dari Radiguet yang haus kuasa (dan haus perhatian juga cinta, kurasa...), Tran yang haus pengakuan, Maria yang ambisius, juga Grey yang sebenarnya butuh perhatian Maria. Keempat jendral Vyram ini saling bersaing dengan monster Dimension mana yang mampu mengalahkan Jetman. Bayangin aja, bahkan petinggi mereka pun dibasmi begitu saja karena tak mau dikontrol. Ckckck... Ambisius sekali Radiguet cs. ini ... πŸ˜‘πŸ˜‘ 

 

Dari segi kompleksitas konfliknya, Jetman ini patut diacungi jempol. Dari segi kostum, Jetman emang paling memorable. Satu-satunya sentai yang keseluruhan anggotanya bertema burung. Berbeda jauh dengan beberapa sentai bertema hewan yang kebanyakan mengambil hewan darat, laut dan udara lalu dijadikan satu tim. Siapapun pasti bisa membedakan Jetman dengan tim yang lain karena tiap anggota punya 'sayap'.

 

Dari segi mecha ... hem ... menurutku biasa aja. Tapi, untuk era showa akhir seperti itu, mechanya udah bagus. Lalu, Jetman adalah seri sentai pertama yang memperkenalkan robot keempat sebagai pelengkap: Tetra Boy. Kelak, robot sejenis Tetra Boy akan ikut serta dalam seri sentai setelah Jetman.

 

Oh iya, satu hal lagi yang membuatku menyukai Jetman: easter eggnya. Saat aku menonton episode  dan episode , aku melihat dua wajah familier. Siapakah mereka? Hehe... nonton aja sendiri, yaa. Terus nonton seri setelah Jetman. Then you will know what I am talking about 😎😎😎 Selain itu, soundtracknya memorable banget. 

----

 

Meskipun Jetman ini seri Sentai rasa dorama romantis, tapi kompleksitas konflik seri yang satu ini layak membuat Jetman menjadi satu seri terbaik sepanjang masa. Bahkan, saking kerennya, ada sekuel berupa manga, lho. Also, this is a highly recommended sentai series to watch. Pokoknya kudu nonton, deh! Dan siap-siap kena Birdonic wave, yaa 😁😁😁

 

Overall, aku akan memberikan nilai 9 🌟 out of 10 🌟 


Nah, sekian reviewku soal Jetman.

Nantikan coretan random dari aku, yaa...

Adieu~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar